Thursday 15 June 2017

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN BANK DRAFT

Dalam Dunia pendekar keuangan…( penjahat perbankan ! ) sedang ramai ada transaksi pencairan Bank Draft. Yang menjadi anehnya disini bahwa Bank Draft-nya minta di diskonto ? Kenapa saya sebut ANEH !? mari kita bahas bersama, apa sih yang dimaksud dengan Bank Draft ?

Bank draft adalah wesel atau surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu yang tertulis namanya atau orang yang ditunjuknya pada waktu yang telah ditentukan, dan dalam bahasa Indonesia disebut Wesel Aksep. Artinya Bank penerbit menjamin atas ketersediaan dana-nya, jadi jika anda ingin mencairkannya maka Bank Draft 100% akan cair, kalo tidak cair berarti bank dalam kondisi bermasalah Liquiditasnya. Akan tetapi hal tersebut belum pernah terjadi, karena sebelum bank menerbitkan Bank Draft, bank penerbit akan mengecek ketersediaan dananya di bank Koresponden-nya dimana Bank Draft akan di cairkan.
Bank Draft biasanya sering di perlukan pada saat anda bepergian keluar negeri untuk keperluan bisnis atau hal lain yang memerlukan ketersediaan dana anda cukup, Bank Draft sangat di perlukan karena untuk mempermudah kelancaran arus transaksi uang anda, disamping itu Bank Draft sangat aman, karena seandainya Bank Draft hilang ? anda masih bias menganti dengan yang baru atau uang dapat diambil kembali dan Cost penarikan maupun penerbitannya terbilang murah
Berbeda halnya dengan Cheque, jika anda memperoleh Cheque dan anda akan mencairkan Cheque tersebut akan tetapi saldo yang tersedia di rekening pemberi Cheque tidak mencukupi, maka anda akan menjadi pihak yang dirugikan.
Coba bayangkan seandainya anda bepergian keluar negeri dengan membawa Cheque, anda akan mendapat kesulitan dalam hal kondisi keuangan, disamping was-was jika saldo direkening pemberi Cheque belum tentu cukup, masih ada kesulitan lain yang akan anda hadapi  yaitu pencairan Cheque lintas Negara pencairannya akan memakan waktu 1-2 bulan, sehingga bisnis anda akan terganggu Cash Flow-nya.
Untuk meng-antisipasi hal-hal yang tidak diharapkan tersebut, maka  pihak perbankan menerbitkan Instrument Bank yang disebut Bank Draft.


Jadi mari kita bedakan, kalo pencairan Cheque, dananya di debit dari rekening yang mengeluarkan Cheque dan kalo Bank Draft dananya di ambil dari rekening bank penerbit Bank Draft, sehingga kita yakin bahwa dananya pasti tersedia cukup untuk ditarik, kecuali Bank Draft yang anda pegang adalah Palsu ! Jadi terjawab sudah kenapa ada Bank Draft yang minta di diskonto ? Hati-hati….bisa Palsu atau Modus pencucian uang, dan saya sarankan anda jangan terlibat dalam permainan Bank Draft !

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.