Wednesday 14 June 2017

BELAJAR MENGENAL NOMOR CUSIP DAN NOMOR ISIN

Apakah yang dimaksud dengan CUSIP ?
CUSIP adalah singkatan dari Committee on Uniform Securities Identification Procedures  yang dibentuk pada tahun 1962, komite ini mengembangkan sebuah sistem yang di implementasikan pada tahun 1967 guna mengidentifikasi sekuritas, khususnya saham yang terdaftar A.S. dan Kanada, serta  obligasi pemerintah.

Sistem CUSIP
Sistem CUSIP dimiliki oleh American Bankers Association dalam hubungannya dengan Standard & Poor's. (S & P)  dimana Sistemnya   memudahkan proses penyelesaian dan pembersihan sekuritas terkait.

Apa itu 'nomor CUSIP' ?
Nomor CUSIP adalah nomor identifikasi unik yang diberikan ke semua saham dan obligasia yang terdaftar di A.S. dan Kanada, sampai kini digunakan untuk mengetahui perbedaan yang nyata antara sekuritas yang diperdagangkan di pasar umum. Panitia Uniform Securities Identification Procedures (CUSIP) mengawasi seluruh sistem CUSIP. Dan Efek asing memiliki nomor yang sama dengan nomor CINS. Dan nomor CUSIP lebih cocok digunakan oleh kebanyakan sistem perdagangan dan pencatatan yang terkomputerisasi.
Nomor CUSIP terdiri dari sembilan karakter, dapat terdiri dari huruf dan angka, dan ditugaskan ke setiap dan semua saham, serta  obligasi yang telah terdaftar, yang dijual atau diperdagangkan di Amerika Serikat dan Kanada. Enam karakter pertama mewakili penerbit asli dari keamanan yang terkait sementara karakter ketujuh dan kedelapan menunjukkan jenis masalah, dan digit kesembilan berfungsi sebagai digit check dan memastikan pengenal akhir yang unik.
Angka-angka ini digunakan untuk membantu memfasilitasi perdagangan dan permukiman dengan memberikan pengenal konstan untuk membantu membedakan sekuritas dalam suatu perdagangan. Setiap perdagangan dan nomor CUSIP yang sesuai dicatat, membantu melacak tindakan dan aktivitas yang telah dilakukan.
Pelayanan CUSIP dioperasikan oleh Standard  & Poor's atas nama American Bankers Association (ABA). Ketika menetapkan untuk mengembangkan sistem identifikasi CUSIP, ABA pada dasarnya hanya memiliki dua kriteria utama.
Pertama, ingin identifikasi berisi jumlah karakter paling sedikit mungkin dan dihubungkan ke urutan abjad dari nama penerbit.
Kedua,  mengakui bahwa sistem tersebut harus memadai mengingat persyaratan operasional saat ini, sementara memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masa depan atau perubahan

Bagaimana cara mengetahui  Nomor CUSIP
Nomor CUSIP tersedia untuk umum, dan dapat diakses melalui Badan Pengambilan Keputusan Efek dengan sistem Electronic Municipal Market Access (EMMA). Selain itu, informasi tersebut sering tercantum dalam pernyataan resmi yang berkaitan dengan keamanan, seperti pada konfirmasi pembelian atau laporan keuangan berkala, maupun melalui berbagai dealer sekuritas.
Sayangnya, untuk mendapatkan akses sedikit sulit karena nomor CUSIP dimiliki dan dibuat oleh American Bankers Association dan dioperasikan oleh Standard & Poor's. Sehingga untuk mendapatkan akses ke keseluruhan database nomor CUSIP, yang terutama mencakup ekuitas A.S. dan Kanada bersamaan dengan hutang pemerintah dan perusahaan A.S., Dan anda harus membayar biaya kepada Standard & Poor's atau layanan serupa yang memiliki akses ke database.
Pada masa lalu untuk mendapatkan akses ke nomor CUSIP sangat  sulit dilakukan, namun sekarang ada beberapa sumber yang dapat digunakan untuk mengakses nomor CUSIP. Yang pertama adalah bahwa setiap perusahaan akan sering menampilkan nomor CUSIP diperuntukan bagi investor di situs web mereka.
Ada cara termudah untuk mendapatkan akses  adalah melalui pencarian kutipan aktif di situs web Fidelity Investments. Jadi anda tidak perlu menjadi anggota atau memiliki akun. Cukup masukkan perusahaan yang anda cari dan CUSIP akan ditampilkan untuk anda. Misalnya, jika Anda mencari CUSIP untuk Ford Motor Company masukkan nama perusahaan dan nomor CUSIP akan muncul.

Nomor ISIN
Pengembangan sistem CUSIP adalah sistem International Securities Identification Number (ISIN). ISIN digunakan secara internasional, dengan sebagian besar sekuritas A.S. dan Kanada diberi label dengan awalan dua karakter tambahan dan satu karakter check akhir yang terpasang pada akhir CUSIP yang diterbitkan semula.
Selain itu, informasi mengenai mata uang dan keamanan yang ditentukan  memerlukan  fasilitas proses dan pencatatan yang tepat. Dan Ini telah membantu membangun sistem internasional untuk pembersihan sekuritas. Meskipun belum digunakan di seluruh dunia, sistem ISIN telah memperoleh daya tarik di pasar luar negeri sebagai cara untuk menyederhanakan proses perdagangan, terutama saat menangani investasi internasional.
Sistem International Identification Numbering (ISIN) adalah standar internasional yang ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Ini digunakan untuk penomoran sekuritas tertentu, seperti saham, obligasi, opsi dan futures. Nomor ISIN dikelola oleh National Numbering Agency (NNA) di negaranya masing-masing, dan mereka bekerja seperti nomor seri untuk sekuritas tersebut.
Kode ISIN memiliki total 12 karakter, yang terdiri dari alfanumerik, dan disusun untuk memasukkan negara tempat perusahaan penerbit berkantor pusat, nomor identifikasi keamanan spesifik dan karakter terakhir yang bertindak sebagai check (control). Dua digit pertama disediakan untuk negara asal untuk keamanan (kantor pusat perusahaan penerbit). Pengelompokan kedua, yang panjangnya sembilan karakter, dicadangkan untuk nomor identifikasi unik yang unik untuk keamanan. Angka terakhir, yang disebut digit check, memastikan keaslian kode dan mencegah kesalahan.
Kode Nomor ISIN digunakan di hampir 100 negara untuk mengidentifikasi masalah efek ekuitas, efek hutang, derivatif, pinjaman sindikasi dan opsi ekuitas, serta saham, obligasi, treasury, surat berharga, wesel jangka menengah, waran, hak, kepercayaan, berjangka , Pilihan dan banyak lagi.
Tujuan akhir dari kode identifikasi internasional yang disebut "ISIN" (International Securities Identification Number) adalah untuk membakukan identifikasi sekuritas dan instrumen keuangan lainnya melalui sistem terpadu dan klasifikasi seragam.

Penggunaan ISIN
Pada suatu waktu, Nomor  ISIN, dianggap sebagai bentuk sekunder dari identifikasi keamanan - yang bertentangan dengan simbol ticker yang bukan yang utama. Pada tahun-tahun awal pengenalan ISIN, kode nomor ISIN terutama digunakan untuk kliring dan penyelesaian. Namun, dalam dekade terakhir banyak negara Eropa telah mengadopsi formula kode ISIN sebagai pengenal keamanan utama mereka, bahkan melebihi simbol ticker sebagai penggunaan utama. Nomor ISIN juga digunakan di Amerika Utara, karena dibangun berdasarkan nomor CUSIP. Seiring berjalannya waktu dan karena semakin banyak efek terus-menerus dikeluarkan di seluruh dunia, banyak negara, selain hampir 100 yang telah menggunakan angka ISIN, sebagian besar negara tampaknya terbuka untuk mengadopsi ISIN sebagai keamanan utama mereka.
Organisasi ISIN menyediakan layanan manajemen yang berkaitan dengan International Securities Identification Numbers (ISIN). ISIN secara unik mengidentifikasi keamanan - strukturnya didefinisikan dalam ISO 6166. Efek yang dikeluarkan ISIN termasuk obligasi, surat berharga, ekuitas dan waran. Kode ISIN adalah kode alfanumerik 12 karakter. Anggap saja itu sebagai nomor seri yang tidak mengandung informasi yang mencirikan instrumen keuangan namun secara seragam mengidentifikasi keamanan untuk tujuan perdagangan dan permukiman.
Efek yang dapat digunakan ISIN untuk digunakan mencakup efek hutang, seperti catatan atau obligasi dan juga saham, seperti saham biasa atau saham suatu dana, opsi, derivatif dan futures. ISIN mengidentifikasi keamanan. ISIN tidak boleh bingung dengan simbol ticker yang mengidentifikasi saham pada tingkat pertukaran. Misalnya, perdagangan saham biasa IBM melalui hampir 25 platform perdagangan dan pertukaran di seluruh dunia. Saham IBM memiliki simbol ticker yang berbeda tergantung pada tempat perdagangannya, namun hanya memiliki satu ISIN tunggal untuk setiap keamanan. Kode ISIN bertindak sebagai pengenal untuk sekuritas dan karena itu adalah satu-satunya nomor identifikasi sekuritas umum yang diketahui secara universal. ISIN digunakan untuk berbagai alasan seperti untuk pembersihan dan penyelesaian.
Contoh di bawah ini menggambarkan satu pendekatan untuk menerapkan algoritma Luhn pada dua ISIN yang berbeda. Perbedaan dalam dua contoh ada hubungannya dengan jika ada angka genap atau genap digit setelah mengubah huruf menjadi angka. Karena elemen NSIN dapat berupa urutan alfanumerik (9 karakter), sejumlah huruf ganjil akan menghasilkan jumlah digit yang genap dan bahkan sejumlah huruf akan menghasilkan angka digit yang ganjil. Untuk jumlah angka ganjil, pendekatan pada contoh pertama digunakan. Untuk jumlah digit yang genap, pendekatan pada contoh kedua digunakan. Algoritma Luhn juga dapat diterapkan dengan cara yang sama untuk kedua jenis atau panjangnya (bergantian mengalikan string digit dengan 1 dan 2, mulai dari akhir string), menjadi lebih umum.
Apple Inc .: ISIN US0378331005, diperluas dari CUSIP 037833100 Badan utama ISIN adalah CUSIP asli, ditugaskan pada tahun 1970 an. Kode negara "AS" telah ditambahkan di bagian depan, dan sebuah nomor check tambahan di bagian akhir. Kode negara menunjukkan negara masalah. Angka check dihitung dengan menggunakan algoritma Luhn.
Mengkonversi huruf ke angka:
U = 30, S = 28. US037833100 -> 30 28 037833100
Kumpulkan karakter ganjil dan genap:
3028037833100 = (3, 2, 0, 7, 3, 1, 0), (0, 8, 3, 8, 3, 0)
Kalikan kelompok yang berisi karakter paling kanan (yang merupakan kelompok PERTAMA) dengan 2:
(6, 4, 0, 14, 6, 2, 0)
Tambahkan masing-masing digit:
(6 + 4 + 0 + (1 + 4) + 6 + 2 + 0) + (0 + 8 + 3 + 8 + 3 + 0) = 45
Ambil modulus 10s dari jumlah tersebut:
45 mod 10 = 5
Kurangi 10:
10 - 5 = 5
Ambillah modulus 10s dari hasil (langkah terakhir ini penting dalam contoh di mana modulus dari jumlah adalah 0, sebagai digit check yang dihasilkan adalah 10).
5 mod 10 = 5
Jadi digit check ISIN adalah lima.
Treasury Corporation of Victoria [sunting]
TREASURY CORP VICTORIA 5 3/4% 2005-2016: ISIN AU0000XVGZA3. Angka check dihitung dengan menggunakan algoritma Luhn.
Mengkonversi huruf ke angka:
A = 10, G = 16, U = 30, V = 31, X = 33, Z = 35. AU0000XVGZA -> 10 30 0000 33 31 16 35 10.
Kumpulkan karakter ganjil dan genap:
103000003331163510 = (1, 3, 0, 0, 3, 3, 1, 3, 1), (0, 0, 0, 0, 3, 1, 6, 5, 0)
Kalikan kelompok yang berisi karakter paling kanan (yang merupakan kelompok KEDUA) dengan 2:
(0, 0, 0, 0, 6, 2, 12, 10, 0)
Tambahkan masing-masing digit:
(1 + 3 + 0 + 0 + 3 + 3 + 1 + 3 + 1) + (0 + 0 + 0 + 0 + 6 + 2 + (1 + 2) + (1 + 0) + 0) = 27
Ambil modulus 10s dari jumlah tersebut:
27 mod 10 = 7
Kurangi 10:
10 - 7 = 3
Ambillah modulus 10s dari hasil (langkah terakhir ini penting dalam contoh di mana modulus dari jumlah adalah 0, sebagai digit check yang dihasilkan adalah 10).
3 mod 10 = 3
Jadi digit check ISIN adalah tiga.
BAE Systems [sunting]
BAE Systems: ISIN GB0002634946, diperluas dari SEDOL 000263494
Tubuh utamanya adalah SEDOL, dilapisi di bagian depan dengan penambahan dua angka nol. Kode negara "GB" kemudian ditambahkan di bagian depan, dan digit check di akhir seperti pada contoh di atas.
Check-digit cacat di ISIN [sunting]
Treasury Corporation of Victoria ISIN mengilustrasikan kelemahan pada algoritma digit check ISIN yang memungkinkan surat yang dialihkan: Misalkan ISIN salah ketik sebagai AU0000VXGZA3
A = 10, G = 16, U = 30, V = 31, X = 33, Z = 35. "AU0000VXGZA" -> 10 30 00 00 31 33 16 35 10 ".
Kumpulkan karakter ganjil dan genap:
103000003133163510 = (1, 3, 0, 0, 3, 3, 1, 3, 1), (0, 0, 0, 0, 1, 3, 6, 5, 0)
Kalikan kelompok yang berisi karakter paling kanan (yang merupakan kelompok KEDUA) dengan 2:
(0, 0, 0, 0, 2, 6, 12, 10, 0)
Tambahkan masing-masing digit:
(1 + 3 + 0 + 0 + 3 + 3 + 1 + 3 + 1) + (0 + 0 + 0 + 0 + 2 + 6 + (1 + 2) + (1 + 0) + 0) = 27
Ambil modulus 10s dari jumlah tersebut:
27 mod 10 = 7
Kurangi 10:
10 - 7 = 3
Ambillah modulus 10s dari hasil (langkah terakhir ini penting dalam contoh di mana modulus dari jumlah adalah 0, sebagai digit check yang dihasilkan adalah 10).
3 mod 10 = 3
Jadi digit check ISIN masih tiga meski dua huruf telah dialihkan.
Cacat semacam itu terhadap sepasang huruf atau digit yang dialihkan hanya bisa dihindari dengan menggunakan dua digit check, bukan hanya satu (yaitu modulus 97, bukan dari 10 modulus, seperti pada nomor IBAN yang juga dapat mencampur huruf dan angka). Beberapa protokol memerlukan transmisi digit check tambahan yang ditambahkan ke nomor ISIN penuh.
ISIN - sebagai lawan dari 9 digit nomor CUSIP - terdiri dari kode nomor alfanumerik 12 digit. ISIN juga merupakan alat yang solid dalam unifikasi untuk berbagai simbol ticker (pikirkan "APPL" untuk Apple, Inc.). Simbol Ticker dapat bervariasi dari pertukaran ke pertukaran, yang hanya menyebabkan kebingungan, terutama saat mata uang dipertimbangkan. Dengan demikian, simbol ticker untuk keamanan AS yang diperdagangkan di NASDAQ mungkin berbeda di Bursa Efek lainnya. Oleh karena itu, nomor ISIN sebenarnya dapat 'menyatukan' semua simbol ticker dari sekuritas, memungkinkan mereka yang mencari sekuritas untuk melihat gambar semua-inklusif dari sekuritas yang dicari.
Untuk Amerika Serikat, kode ISIN adalah versi extended dari 9 karakter CUSIP (Committee on Uniform Security Identification Procedures). Nomor ISIN dibentuk dengan menambahkan kode negara dan apa yang disebut "digit check" ke awal CUSIP, dan akhir dari nomor CUSIP.
Struktur Kode ISIN
Ada beberapa komponen kunci pada Kode Nomor ISIN seperti contoh kode ISIN berikut: US123456789 (atau tiga bagian sebagai AS-12345678-9). Kode ISIN dapat dijelaskan sebagai berikut:
Kode negara dua huruf (seperti "AS"), diambil dari International Organization for Standardization, atau "ISO", (ISO 6166). Kode kata dua huruf ini dialokasikan ke negara asal perusahaan atau dalam kebanyakan kasus di mana perusahaan tersebut berdomisili di atau mungkin memiliki basis kantor pusat perusahaan. Untuk Amerika Serikat, ini adalah "AS", sementara, misalnya, Meksiko akan menjadi "ME".
Aspek kedua dari 12 kode ISIN digit ini adalah 9 digit (selalu angka) yang tergolong sebagai "identifier". Pengenal ini disebut sebagai National Securities Identifying Number "NSIN"), dan dialokasikan oleh negara atau wilayah tertentu, yang disebut Badan Nomer Nirlaba Nasional, atau "NNA". Jika kurang dari sembilan digit kode membentuk komposisi, angka nol ditambahkan pada mereka, yang membantu menciptakan "NSIN". Seperti dalam kebanyakan kasus dengan angka tersebut, tidak ada yang spesifik yang dipilih, namun sering dikelompokkan secara acak melalui berbagai algoritma matematis. Seperti dicatat di tempat lain, pengidentifikasi ini serupa dengan nomor jaminan sosial untuk seseorang, di mana berbagai informasi 'kehidupan' dapat ditemukan, atau dalam hal keamanan, aset perusahaan merupakan sekuritas.
Nomor akhir kode ISIN disebut "single check-digit", dan diturunkan dari 11 karakter atau digit di atas dan menggunakan apa yang disebut algoritma "sum modulo 10". Alasan utama untuk ini adalah melawan penyalinan ilegal atau nomor palsu.
Nomor ISIN Euroclear: Kode numerik alfa khusus, disebut "XS", digunakan oleh berbagai agen Euroclear yang memiliki kekuatan untuk mengeluarkan nomor ISIN. Yang paling tahu pengalokasi ISIN ini adalah Euroclear, Clearstream dan CEDEL, yang semuanya membersihkan perusahaan itu sendiri dan diizinkan memberikan nomor ISIN. Euro "XS" ini digunakan untuk sekuritas internasional yang jelas melalui Euroclear, Clearstream, CEDEL, dan lain-lain. Penerimaan deposit tersebut Pekerjaan ISIN eksklusif karena kode negara untuk keamanan adalah dari penerbit tanda terima, bukan keamanan mendasar yang Seseorang mungkin memutuskan untuk menjual atau membeli.



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.