Friday 8 April 2011

MENGENAL MT.103 DAN MT. 199

SWIFT adalah, jaringan telekomunikasi Swasta yang pelanggannya adalah bank, bank dagang, sekuritas serta lembaga keuangan yang berkualitas, dimana Bank akan mengirim pesan ke satu sama lainnya, Di dalam sistem SWIFT, digunakan format yang dikenal sebagai MTs (MessageType) yang diberi nomor Code mulai dari MT.100 sampai dengan MT.999, dimana masing-masing untuk tujuan yang berbeda.
Pada akhir 2002 Pihak berwenang telah memutuskan, bahwa dalam tahun 2003 Swift MT. 799 tidak boleh digunakan lagi dan harus diganti dengan format yang ditentukan seperti MT 103/23 atau MT 543. • Alasannya adalah bahwa MT. 799 adalah pesan teks yang bebas dari seri 700 Swift dan dengan sedikit perubahan kata yang berbeda ada beberapa pembatasan, seperti pengalihan gratis, misalnya bisa saja dielakkan. Selanjutnya otoritas menginginkan bahwa bank-bank dan cabang mereka aktif berpartisipasi dalam bisnis ini dan harus dipastikan bahwa petugas bank (operator) dan departemen Swift benar-benar terlatih.
Jadi intinya kondisi free-advise dapat ditulis oleh semua orang, sedangkan untuk menerbitkan dan mengirimkan 103/23 MT atau MT 543 memerlukan pelatihan khusus dan mahal di akademi Swift bagi setiap pegawai atau pejabat bank. Dengan cara ini, bank anggota SWIFT dapat mengendalikan daripada konstruksi system keuangannya oleh bankir berkualitas yang dapat meng-eksekusi menghindari korupsi di dalam banknya.


MT.199 Adalah sebagai pesan status untuk melaporkan alasan, Atau sebuah instruksi transaksi yang tidak wajib dilaksanakan atau bisa juga disebut sebagai pesan untuk menolak transaksi. Dengan kata lain untuk saling confirmasi sebuah transaksi.

MT103 adalah format bank yang digunakan saat mereka menjalankan apa yang dikenal orang awam sebagai wire transfer, telegrapic transfer, transfer dana, transfer atau transfer SWIFT.

Jadi contohnya begini :
Misalkan si Y memiliki rekening di Bank A dan dia harus mentransfer uangnya ke rekening si X di Bank B di negara berbeda. Lalu Si Y pergi ke Bank A, mengisi formulir pengiriman uang dengan yang semua khusus. Kemudian Bank A men-debit rekening si Y dan mengirimkan MT.103 SWIFT kepada Bank B. Kemudian Bank B men-debet rekening Bank A dan kredit Si X dan si X dinyatakan telah menerima kredit. Itu yang dimaksud MT.103. Tidak ada yang tidak bekerja di ruang teleks bank dan perlu diketahui bahwa MT103 mengirim dana tanpa syarat  yang akan dikreditkan ke penerima.

MT.103 adalah, pasti diotentikasi, transfer dana tanpa syarat. Pada contoh di atas Bank B harus kredit rekening X, tidak lebih tidak kurang. Tidak ada hal seperti MT103 Bersyarat.
Jadi MT103 adalah merupakan intervensi manual langsung melalui mekanisme yang  prosesnya memerlukan sedikit waktu, kecuali dalam tugas-tugas sederhana seperti di atas.

"Field 23 – Kode Instruksi " adalah peng-kondisian bank penerima (atas permintaan pengirim) menempatkan dalam sebuah kode yang menginstruksikan bank penerima  berkaitan dengan hal-hal yang akan mempengaruhi pembayaran, seperti "Credit Account bawah Saran", "Telepon penerima pada penerimaan" , dan sejenisnya.

Anda tidak dapat mengirim MT103 dengan ketentuan bahwa bank penerima itu harus menerima, dokumen-dokumen tertentu, sebelum mengkredit rekening. Permintaan semacam itu akan ditolak oleh bank penerima, dan jika dikirim dengan Bidang 23 (yang memungkinkan untuk hanya beberapa kode standart) akan ditolak dan diabaikan oleh bank penerima karena itu  akan mengkredit account si penerima itu pula.
Transaksi ini biasanya melibatkan pertukaran uang atas dokumen untuk penagihan piutang dalam kredit dokumenter (D / A, D / P dll) dan diproses dengan cara lain, atau di bawah Documentary Letter of Credit. Jadi pesan  SWIFT itu berbeda dan spesifik, dan ini dirancang untuk mengatasi adanya perbedaan peraturan yang berlaku di Negara yang berbeda dan Bank yang berbeda.

FREE-ADVISE (PRA SARAN ) MT.103 ?
Apakah pernah mendengar tentang fitur di SWIFT MT.103 yang dapat membuat- Pra saran, atau yang memungkinkan untuk Pra Saran, guna menunda transfer dana, atas peristiwa tertentu atau kondisi yang harus dipenuhi, meskipun dalam MT.103 itu bisa mencakup bidang (bidang ini jelas bukan Field 23) yang dapat berisi hingga 9000 karakter, dimana pelanggan satu ingin memberi pesan mungkin ingin menyampaikan ke pelanggan penerima dalam format lain yang terstruktur, seperti EDIFACT atau ANSI. Dan itu tidak berarti dana tidak ditransfer - pada saat pesan dikirim, yang 'langsung-harus di proses' dari bank menerima MT.103 menjadi kredit rekening penerima.

MT.103 KODE
Instruksi harus berisi salah satu kode berikut (kode Error (s): T47):
SDVA maksudnya : Pembayaran harus dilaksanakan dengan nilai hari yang sama ke penerima.
INTC maksudnya : Pembayaran adalah pembayaran intra-perusahaan, yaitu pembayaran antara dua perusahaan milik kelompok yang sama.
Pembayaran Repa memiliki referensi e-Pembayaran terkait.
CORT maksudnya : Pembayaran dilakukan dalam penyelesaian perdagangan, misalnya, transaksi valuta asing, transaksi surat berharga.
HOLD maksudnya : pelanggan Penerima / penuntut akan memanggil; membayar pada identifikasi.
CHQB maksudnya : Bayar penerima pelanggan hanya dengan cek. Nomor baris rekening opsional di Field 59 tidak boleh digunakan.
PHOB maksudnya : Mohon saran / penerima menghubungi / penuntut melalui telepon.
TELB maksudnya : Silahkan saran / kontak penerima / penuntut dengan cara yang paling efisien telekomunikasi. Phon Harap akun dengan instansi melalui telepon.
TELE maksudnya : Harap akun dengan institusi dengan cara yang paling efisien telekomunikasi.
PHOI maksudnya : Harap lembaga intermediasi melalui telepon. Teli Harap lembaga intermediasi dengan cara yang paling efisien telekomunikasi.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.